Kamis, 05 Mei 2011

Lebih lanjut tentang menambah resistor di MAP sensor (mengirit bbm)

Gambar skema penambahan resistor 7,5Kohm

Pengetesan MAP sensor terlebihdahulu untuk memastikan MAP masih bagus. Caranya avometer disetel ke posisi tegangan. Ukur tegangan ground dengan output sensor (posisi ditengah warna kabel hijau). Saat kondisi mesin idle seharusnya volt menunjukkan sekitar 1.4V, dan saat digas hentakan penuh (throttle terbuka penuh) seharusnya tegangan menjadi sekitar 4.8V

Signal injector saat kondisi normal (lebar pulsa sekitar 2.7msec)

Setelah penambahan resistor lebar pulsa injector sekitar 2.4msec




Ada info bahwa agar konsumsi si blazie irit bisa ditambah resistor beberapa kilo ohm di jalur output sensor MAP. Saya mencoba melakukan itu dan melakukan beberapa pengukuran untuk membuktikan apa benar2 bisa ngirit bbm. Dengan melalui banyak experiment akhirnya didapat nilai resistor 7.5Kohm/1W, namun kalau dilihat dari signal output nozzle injector di oscilloscope bila dibandingkan antara kondisi normal dan kondisi dijumper dengan resistor, diperoleh penyempitan lebar pulsa kurang lebih 10%. Artinya bbm bisa lebih irit 10% dari kondisi standard. Namun perlu dicatat bahwa performa mesin juga sedikit mengalami penurunan baik dari segi tenaga maupun akselerasi. Bila style mengemudi yang selalu injak dalam2 gas untuk menyamakan akselerasi seperti kondisi normal, ya akhirnya tetap saja jadi boros. Namun bagi saya akselerasi dan tenaga tidak begitu penting dibandingkan pengiritannya. Kalau masih pengin lebih irit lagi ya....campur saja dengan didorong...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar